Perawatan Gigi untuk Hewan Kesayangan Anda

This slideshow requires JavaScript.

1. Menyikat gigi hewan sesudah makan.
Walaupun pada awalnya agak sulit, namun jika dilakukan secara rutin maka akan terbiasa. Bagi hewan peliharaan yang belum pernah menyikat gigi sebelumnya, kita bisa menggunakan kapas atau jari tangan terlebih dahulu agar mereka merasa nyaman dan terhindar dari trauma. Mengingat hewan tidak dapat berkumur, jadi jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi khusus beraroma ikan dan ayam yang menjadi kegemaran mereka plus aman bila tertelan.

Hindari melakukan pemaksaan. Biarkan anjing atau kucing sendiri yang menghadapkan muka mereka ke arah kita. Lalu, berikan sedikit sentuhan di wajah mereka, buka mulutnya dan barulah mulai menggosokkan gigi serta  gusinya secara perlahan dan lembut. Apabila sudah terbiasa, kita bisa menggunakan sikat gigi khusus dengan bulu sikat yang lembut dan disesuaikan dengan ukuran rahang mereka. Tip : lakukan kebiasan sehat ini sejak hewan berusia 3 bulan.

2. Berikan makanan keras.
Menurut drh.Yulyani dari Klinik Hewan drh.Yulyani & Partners, Jakarta, membiasakan makanan lunak, seperti nasi dan makanan yang direbus, bisa menjadi sumber masalah bagi hewan peliharaan kita di kemudian hari. Mengapa? Karena makanan lunak mudah menempel di sela-sela gigi yang akhirnya menumpuk menjadi plak,

Maka pilihlah makanan dengan tekstur keras. Selain, sudah dilengkapi dengan zat penghambat karang gigi, makanan “keras” juga bisa membantu menanggalkan plak-plak yang masih baru dan memberikan penyikatan gigi secara tidak langsung. Jika si doggieatau si kitty belum  terbiasa, maka makanan kering dapat kita berikan sebagai selingan dengan makanan basah atau lunak yang biasa mereka makan.

3. Berikan mainan.
Kini fungsi mainan bukan hanya sebagai “teman”, namun juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi kucing dan anjing kita. Untuk anjing kita bisa berikan mainan berupa tulang sintetik, sedangkan untuk kucing kita bisa belikan mainan lempar yang bisa digigit dan terbuat dari karet berkualitas (throwing rubber).

4. Rutin pemeriksaan ke dokter gigi.
Walaupun kita sudah melakukan perawatan harian yang maksimal, namun untuk penumpukan karang gigi yang terlalu banyak tetap memerlukan pembersihan karang atau dental cleaning oleh dokter hewan. Jadi, biasakan untuk membawa hewan kesayangan kita ke dokter gigi setahun sekali atau dua kali untuk membersihkan gigi dan mulut secara keseluruhan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s